Laman

Ebook bagus

Bebas Finansial di Usia Muda, Bagaimana Caranya?

Bebas Finansial di Usia Muda, Bagaimana Caranya?Kamis, 09 Pebruari 2012 13:09 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak perlu repot bekerja mencari uang, biarkan uang yang bekerja untuk kita. Bila kondisi ini yang terjadi boleh dibilang kita sudah mencapai tahap bebas secara finansial. Perencana keuangan, Ahmad Gozali, menyebutkan, mengutip dari buku Anthony Robbins, kebebasan finansial adalah suatu kondisi keuangan dengan pencapaian investasi yang cukup banyak, relatif aman, dan hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup dengan gaya hidup yang kita inginkan. Tentunya, hal ini membutuhkan kerja keras, cerdas, dan harus dilakukan berkesinambungan.

Mau seperti ini? Ada kiatnya. Menurut Gozali, kebebasan finansial dapat Anda capai bila Anda disiplin menabung dan melakukan penghematan, lalu tabungan Anda diputar agar bisa memberi hasil yang besar pada periode tertentu dan menghasilkan passive income sehingga Anda tidak perlu bekerja lagi. ''Menabung memang menunda kesenangan di masa sekarang, tetapi hasilnya sangat efektif untuk mencapai tujuan yang lebih besar di masa datang,'' kata Gozali.

Lalu, berapa yang Anda sisihkan untuk tabungan dan investasi? Gozali menyarankan agar mengalokasikan penghasilan Anda menjadi pos-pos berdasarkan prioritas. Pertama adalah cicilan utang (bila ada) yang sebaiknya tidak melebihi dari 30 persen dari penghasilan bulanan, kemudian usahakan menyisihkan 10 persen dari gaji secara rutin tiap bulannya untuk tabungan.

Bila Anda tidak mempunyai utang, jumlah yang disisihkan bisa diperbesar lagi, misalnya, 30 persen yang dapat digunakan untuk investasi dan proteksi (asuransi). Dengan demikian, 70 persen sisanya dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari.

Ada beberapa jenis kendaraan untuk investasi, antara lain, tabungan, deposito, emas, saham, reksa dana, properti, ataupun unit bisnis.

Untuk memilihnya, perlu dipertimbangkan biaya yang diperlukan, pendapatan yang didapat, profil risiko, apakah Anda takut terhadap risiko kehilangan uang atau tergolong berani, keterampilan yang diperlukan untuk memilih produk investasi, dan banyaknya waktu keterlibatan Anda untuk melakukan investasi.

Usahakan tidak menaruh semua uang Anda pada satu produk investasi untuk meminimal kan risiko. Karena kondisi Anda sekarang ini masih bekerja, saya lebih sarankan agar kira-kira sekitar 70-80 persen dari alokasi uang keperluan investasi tadi bisa diinvestasikan ke dalam aset seperti deposito dan reksa dana. Deposito digunakan untuk berjaga-jaga, sedangkan reksa dana digunakan untuk mendapatkan pengembangan. Sementara, sisanya yang 20-30 persen, bisa mulai digunakan untuk investasi ke dalam usaha dengan cara berpatungan dengan teman atau saudara yang bisa mengelola usaha.

Redaktur: Endah Hapsari

STMIK AMIKOM

sumber : http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/12/02/08/lz2sgh-bebas-finansial-di-usia-muda-bagaimana-caranya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sampaikan komentar anda sesuai dengan artikel dengan baik jangan spam ya ? sering-seringlah datang kembali ..... untuk berbagi cerita disini...??

Assalamualaikum wr wb, Selamat datang diblog sederhana jika ada pesan silakan isi komentar atau buku tamu ya ? atas kunjungan anda diucapkan terima kasih

My Heart Will Go On

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info>

parse :

Labels

10 Manfaat Anggur Bagi Kesehatan 22 Kalimat Penenang Saat Bertengkar Dengan Pasangan 5 Makanan Untuk Membuat Kulit Awet Muda 6 Penyebab Kelelahan Acer- Apple iPad-gatget agnes monika al islam al islami aneh antivirus smadav artis Asmara oleh: Aura Kasih ayam ayam bakar taliwang BALI bertanam buah naga di pot bisnis kopi Blackforest Caramel Cream budidaya buah naga bugar bunga citra lestari Daftar Link DD. uncatagori doa drama Ekonomi Faktor Utama Ketidaksuburan Pria foto gatget gempa jepang google Health hewan pelihaaraan home-online Iga Kambing Panggang IKAN HIAS LAUT Ikan Koi Ikan Lele Bermutasi Jadi Pemangsa Manusia ikan-Discus ikan-hasil-laut ikanDiscus informasi terbaru internasional Investasi iwan fals Jepang Masih Berduka jual TANAH - RUMAH Kambing Lada Hitam karir kata mutiara kata mutiata Kata-kata Mutiara P' Mario Teguh kejutan baru google kelapa keluarga kembang api tahun baru diberbagai negara kesalahan-menulis-blog keseharan Kesehatan kesehatan jiwa kesehatan kulit Keuangan khasiat buah naga Kontes-ikan-arwana-di-pontianak kue lebaran lebaran Libya Tutup Akses Facebook lirik lirik lagu LOMBOK dan Maninjau-Lake-West Sumatra madu mario teguh masakan Indonesia masakan Nusantara Masakan Padang masakan sumatera melacak no hp memilih notebook Menperin Tak Mau Bicara Bisnis Mobil Terbang Akan Segera di Jual Bebas Tahun 2011 motibasi motivasi Nature of West Sumatera nokia nonton TV Online notebook olahan ayam panorama paru pendidikan Penghancur Lemak Peruntungan Shio di Tahun Kelinci 2011 politik Prambanan Temple Proses Pembuatan Kopi Luwak Relaks dong kalau Kerja relationship rendang resensi film resep makanan Indonesia Resep Martabak Tahu resep masakan Indonesia resep rujak Resep Sapi Lada Hitam Rezeki Allah SWT rujak buah sayap Sayur Lodeh shio Tanya Jawab Singkat Seputar Buah Naga Tips to avoid fire accident travelling tutorial blog ucapan selamat idul fitri 1431 H uncatagori Unik-Tokek Raksasa vietnam wijen wisata