Laman

Ebook bagus

Tanya Jawab Singkat Seputar Buah Naga

pohon buah naga berbunga
Kali ini saya akan merangkum beberapa pertanyaan-pertanyaan umum yang paling sering diajukan kepada saya seputar budidaya Buah Naga atau istilah kerennya disebut Frequently Asked Questions (FAQ's). Jika ada yang ingin menambahkan bisa di tulis di kotak komentar dan akan saya update jawabannya.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar Budidaya Buah Naga :

T : Apakah Buah Naga cocok untuk daerah saya?
J : Buah Naga bisa hidup dimana saja baik dataran rendah maupun dataran tinggi, yang penting intensitas sinar matahari cukup. Jadi bagi anda yang masih tinggal di wilayah Indonesia (tropis) pasti bisa tumbuh dengan baik.

T : Apa kendala yang banyak ditemui para pekebun misalnya hama atau penyakit Buah Naga?
J : Selama 6 tahun saya membudidayakan Buah Naga, penyakitnya hanya busuk batang dan serangan bekicot. Busuk batang cara mengatasinya bisa dibaca disini, untuk hama bekicot saya tinggal memanggil penjual bekicot untuk membersihkannya (sama-2 menguntungkan).

T : Jenis apa saja yang sudah dibudidayakan di Indonesia?
J : Jenis putih, merah, merah keunguan, super red, hitam dan kuning, tetapi kedepannya akan lebih banyak lagi karena adanya penyilangan-penyilangan yang dilakukan pekebun dan varian baru dari luar negeri.

T : Jenis apa yang paling menguntungkan?
J : Semuanya menguntungkan, tetapi jika harus memilih, saya akan menjawab jenis kuning karena populasinya masih sedikit yang membudidayakan di Indonesia, harga buahnya juga paling mahal mencapai Rp. 150 ribu per kilonya.

T : Bagaimana prospek bisnis buah naga kedepannya?
J : Bisnis buah naga baru benar-benar booming pada tahun 2010, produknya adalah buah konsumsi seperti apel, jeruk, kelengkeng dll, yang sampai kapanpun akan tetap dibutuhkan, apalagi banyak penelitian yang menemukan bahwa buah naga mempunyai banyak ragam khasiat bagi kesehatan manusia.

T : Bagaimana tingkat kesulitan dalam budidaya Buah Naga?
J : Pembudidayaan tanaman Buah Naga bisa dibilang relatif mudah, bahkan bagi pemula sekalipun karena tanaman ini sangat kuat dalam berbagai kondisi lahan dan cuaca. Juga bisa dibilang tahan serangan hama dan penyakit.

T : Model penanaman apakah yang paling bagus untuk Buah Naga?
J : Berbagai model penanaman memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tetapi jika harus memilih, menurut saya adalah model tiang panjatan tunggal (1 tiang berisi 4 tanaman) yang terbaik.

T : Lebih bagus mana tiang panjatan yang tinggi atau pendek?
J : Lebih bagus yang pendek (1-1,5 mtr), dulu para pekebun menggunakan tiang panjatan rata-rata 2 mtr. Tiang pendek keuntungannya lebih mudah perawatannya, lebih mudah panennya, lebih manis rasa buahnya. Tetapi bagi anda yang mempunyai lahan yang terlalu lembab, sebaiknya menggunakan tinggi maksimalnya (1,5 meter) untuk menghindari serangan jamur pada buah.

T : Mengapa tanaman Buah Naga saya tak kunjung berbunga atau berbuah?
J : Intinya dalam budidaya buah naga adalah pemangkasan dan pemupukan, masalah bunga rontok atau gagal menjadi buah berarti penyerbukan tidak berhasil dan perlu dilakukan penyerbukan bantuan manual dengan tangan manusia.

T : Apakah penyerbukan alami buahnya lebih kecil dari penyerbukan buatan?
J : Iya, pada umumnya begitu, dikarenakan penyerbukan (perkawinan serbuk sari dan putik) kurang sempurna. Akan tetapi, penyerbukan dengan lebah madu hasilnya tidak kalah dengan penyerbukan dengan bantuan manusia. Besar kecil buah lebih disebabkan terpenuhinya unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman dalam hal ini bisa diatasi dengan pemupukan yang tepat.

T : Lebih baik mana pemupukan organik atau kimia
J : Perkembangan teknologi akan selalu menghasilkan temuan yang semakin meningkatkan produksi buah naga, tentu saja akan lebih baik pemupukan kimia karena lebih praktis dan kandungan unsur lebih jelas. Tetapi, pemupukan organik juga sudah cukup baik untuk tanaman buah naga, dan juga untuk menjaga kelestarian ekosistem lingkungan kita.

T : Kalau saya menggunakan pupuk organik, bagaimana komposisinya?
J : Pada dasarnya pupuk kandang semua baik bagi tanaman, selama matang atau di fermentasi dulu, untuk aplikasi pupuk kandang bisa dibaca disini. Kompos juga baik untuk tanaman buah naga. Anda juga bisa menggunakan pupuk organik yang dibuat dari urine sapi, dll.

T : Apa media tanam yang baik untuk Buah Naga?
J : Media tanam sebaiknya menggunakan bahan yang tidak lama menyimpan air (baca disini), air tidak boleh menggenang terlalu lama karena bisa menimbulkan kebusukan akar dan batang.

T : Apakah teori akar udara dibuang saja karena lebih menyerap unsur N dari udara itu benar?
J : Menurut saya tidak, itu tidak berpengaruh lama tidaknya tanaman berbuah, pada masa berbuah anda tinggal memberikan pupuk dengan kadar N lebih rendah daripada unsur P dan K-nya. Pemangkasan sudah cukup untuk menghentikan tumbuhnya tunas baru, akar udara menjadi penting sekali jika anda menggunakan pemupukan dengan cara penyemprotan dengan pupuk cair. Akar udara juga berfungsi untuk "pegangan" pada tiang panjatan.

T : Apakah cabang yang setelah 3-4 kali berbuah tidak produktif lagi?
J : Betul, karena pada bekas potongan saat memetik buah tidak bisa tumbuh buah lagi (buah muncul pada titik-2 duri), karena itulah saya melakukan metode pangkas habis ketika musim berbuah selesai (baca disini).

Semoga Bermanfaat. 

sumber : http://www.denidi.com/2011/02/tanya-jawab-singkat-seputar-buah-naga.html

Ini adalah catatan saya hasil dari blogwalking dari pakar buah naga, jika sobat merasa bermanfaat artikel ini silakan isi komentar, terima kasih ya ??

4 komentar:

  1. Buah naga namanya memang keren ...

    Let's pray for Japan - http://kelpolova.blogspot.com/2011/03/pray-for-japan.html

    BalasHapus
  2. @ Kelpo : bagus bro... link nya sdh dimomentari bro, tks kunjungan-nya ya ??

    BalasHapus
  3. Komentar balik, skalian baca-baca artikelnya, xixix, thank's kunjungannya di http://bagaimanaseandainya.blogspot.com,

    BalasHapus
  4. @ Aini sastra : ia sob, tks ya

    BalasHapus

sampaikan komentar anda sesuai dengan artikel dengan baik jangan spam ya ? sering-seringlah datang kembali ..... untuk berbagi cerita disini...??

Assalamualaikum wr wb, Selamat datang diblog sederhana jika ada pesan silakan isi komentar atau buku tamu ya ? atas kunjungan anda diucapkan terima kasih

My Heart Will Go On

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info>

parse :

Labels

10 Manfaat Anggur Bagi Kesehatan 22 Kalimat Penenang Saat Bertengkar Dengan Pasangan 5 Makanan Untuk Membuat Kulit Awet Muda 6 Penyebab Kelelahan Acer- Apple iPad-gatget agnes monika al islam al islami aneh antivirus smadav artis Asmara oleh: Aura Kasih ayam ayam bakar taliwang BALI bertanam buah naga di pot bisnis kopi Blackforest Caramel Cream budidaya buah naga bugar bunga citra lestari doa drama Ekonomi Faktor Utama Ketidaksuburan Pria foto gatget gempa jepang google Health hewan pelihaaraan home-online Iga Kambing Panggang IKAN HIAS LAUT Ikan Koi Ikan Lele Bermutasi Jadi Pemangsa Manusia ikan-Discus ikan-hasil-laut ikanDiscus informasi terbaru internasional Investasi iwan fals Jepang Masih Berduka jual TANAH - RUMAH Kambing Lada Hitam karir kata mutiara kata mutiata Kata-kata Mutiara P' Mario Teguh kejutan baru google kelapa keluarga kembang api tahun baru diberbagai negara kesalahan-menulis-blog keseharan Kesehatan kesehatan jiwa kesehatan kulit Keuangan khasiat buah naga Kontes-ikan-arwana-di-pontianak kue lebaran lebaran Libya Tutup Akses Facebook lirik lirik lagu LOMBOK dan Maninjau-Lake-West Sumatra madu mario teguh masakan Indonesia masakan Nusantara Masakan Padang masakan sumatera melacak no hp memilih notebook Menperin Tak Mau Bicara Bisnis Mobil Terbang Akan Segera di Jual Bebas Tahun 2011 motibasi motivasi Nature of West Sumatera nokia nonton TV Online notebook olahan ayam panorama paru pendidikan Penghancur Lemak Peruntungan Shio di Tahun Kelinci 2011 politik Prambanan Temple Proses Pembuatan Kopi Luwak Relaks dong kalau Kerja relationship rendang resensi film resep makanan Indonesia Resep Martabak Tahu resep masakan Indonesia resep rujak Resep Sapi Lada Hitam Rezeki Allah SWT rujak buah sayap Sayur Lodeh shio Tanya Jawab Singkat Seputar Buah Naga Tips to avoid fire accident travelling tutorial blog ucapan selamat idul fitri 1431 H uncatagori Unik-Tokek Raksasa vietnam wijen wisata